article

Denah Rumah Tipe 36: Ruangan Dalam Hunian Tipe 36

Denah Rumah Tipe 36: Ruangan Dalam Hunian Tipe 36

Denah rumah tipe 36 tidak begitu sulit dibuat karena ukurannya tidak terlalu besar. Tipe 36 sendiri merupakan ukuran rumah yang memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Bangunan dengan luas seperti ini biasanya berukuran 6 meter x 6 meter sehingga luasnya menjadi 36 meter persegi.

Namun biasanya rumah tipe ini juga memiliki ruang kosong karena dibangun di atas tanah 60 meter persegi atau 72 meter persegi. Ruangan-ruangan penting dalam sebuah rumah tentunya ada di rumah dengan tipe 36, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga.

Denah Rumah Tipe 36: Ruangan Dalam Hunian Tipe 36
Denah Rumah Tipe 36: Ruangan Dalam Hunian Tipe 36 (sumber: pinterest.com)

Berikut ini komponen ruangan dalam denah rumah tipe 36.

  1. Kamar Tidur

Kamar tidur dalam rumah tipe 36 biasanya ada dua buah. Ukurannya sendiri bisa disesuaikan, rata-rata berukuran 3 meter x 3 meter. Ukuran tersebut cocok untuk kamar tidur dua orang. Jadi dua kamar tidur bisa diisi dengan 4 orang. Tempat tidur yang ditempatkan bisa ukuran sedang atau kecil sesuai dengan kebutuhan. Dengan ukuran tersebut masih ada ruang untuk menempatkan lemari serta meja dan kursi. Jadi rumah tipe 36 bisa ditempati oleh keluarga kecil, misalnya orang tua dengan dua anak kecil. Letak kamar tidur sendiri bisa berjejer atau bersebrangan.

  1. Ruang Keluarga/Ruang Tamu

Pada rumah dengan tipe 36, ruang keluarga biasanya disatukan dengan ruang tamu. Jadi hanya ada satu ruangan untuk bercengkerama dengan keluarga dan menerima tamu. Ruangan yang satu ini bisa diisi dengan meja dan kursi secukupnya. Televisi juga bisa ditempatkan di sini, atau di kamar tidur. Ukurannya sendiri bisa disesuaikan apakah sama dengan kamar tidur yaitu 3 meter x 3 meter atau lebih besar atau malah lebih kecil.

  1. Dapur

Dapur pada rumah dengan tipe 36 tidak bisa terlalu luas tapi sudah cukup untuk kegiatan masak sehari-hari. Perlengkapan untuk memasak seperti kompor dan lemari makan dapat ditaruh di dapur. Selain itu bisa juga menambahkan meja dan kursi untuk kemudahan memasak. Bagian dapur akan menyatu dengan tempat cuci piring. Tempat cuci piring memang lebih efektif jika diletakkan dekat dengan tempat memasak seperti ini. Tak hanya itu, tempat mesin cuci juga bisa diletakkan di dekat dapur dan kamar mandi.

  1. Kamar Mandi

Pada rumah tipe 36 biasanya hanya ada satu kamar mandi. Kamar mandi yang bisa dibangun umumnya juga akan menyatu dengan toilet. Kamar mandi bisa terdiri dari bak mandi dan pancuran serta bagian toilet. Memang memiliki satu kamar mandi kadang menyulitkan jika ada banyak orang di dalam rumah, namun karena rumah tipe 36 ini memang diperuntukkan bagi keluarga kecil jadi tidak akan terlalu menjadi masalah.

Selain ruangan dalam rumah, denah rumah tipe 36 biasanya juga menyisakan lahan kosong. Lahan tersebut bisa digunakan untuk tempat kendaraan serta tempat jemuran. Meskipun tergolong rumah sederhana namun rumah tipe ini sangat cocok bagi yang baru berkeluarga. Tentunya biaya yang dibutuhkan untuk membeli rumah ini jauh lebih sedikit daripada rumah yang besar.

Denah rumah tipe 36 bisa dengan mudah kita buat sendiri secara kasar. Ada banyak contoh denah rumah dengan tipe ini yang bisa kita contoh. Tentu saja bantuan arsitek dibutuhkan untuk merancang desain detail dari rumah tipe 36 agar mendapatkan rumah yang benar-benar nyaman untuk ditinggali.

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?