article

Tips Aplikasi Dinding Kayu untuk Rumah Modern

Tips Aplikasi Dinding Kayu untuk Rumah Modern

Aplikasi dari pelapis dinding kayu akan menentukan gaya serta suasana yang ingin ditampilkan dalam sebuah rumah tinggal. Terdapat begitu banyak macam alternatif bahan kayu dengan karakter warna dan seratnya.

Tips Aplikasi Dinding Kayu untuk Rumah Modern
Tips Aplikasi Dinding Kayu untuk Rumah Modern (sumber gambar: http://www.contemporist.com)

Beragam kayu bisa saja juga dimanfaatkan sebagai material desain ruang modern Namun untuk itu ada pertimbangan yang penting saat kita ingin melapisi dinding rumah dengan sentuhan kayu.

  1. Memilih Pelapis Dinding berbahan Kayu

Pelapis kayu ini bisa berupa potongan kayu yang merupakan kayu solid berbentuk sebuah papan kayu, ataupun memakai panel kayu yang disebut fancy plywood veneer.

Di pasaran, bahan papan kayu atau lambrisering ini umumnya berasal dari jenis kayu lokal. Misalnya jati, meranti, nyatoh, dan mahoni. Sementara untuk jenis panel kayu yang terbuat dari lembaran kayu alam (natural wood veneer) dan ada juga veneer buatan (artificial wood veneer).

  1. Dinding Kayu Lambrisering, Country Style

Dinding papan kayu atau disebut juga lambrisering dapat disusun teratur secara vertikal, horizontal, diagonal, namun juga bisa checkered (tidak teratur atau terpola). Garis-garis pertemuan atau sambungan kayu akan menampilkan suatu karakter tegas dan maskulin. Untuk penyuka gaya interior rural atau pedesaan tentunya aplikasi ini sangat cocok. Apalagi bila bahan finishing kayunya menonjolkan urat kayu dari pilihan jenis kayu pinus atau jati belanda.

  1. Panel Dinding Kayu yang Klasik-Modern

Dinding dengan panel plywood dapat menghadirkan sentuhan interior klasik yang anggun. Sementara untuk gaya modern Anda bisa menyusun potongan-potongan panel plywood dengan kombinasi menarik.

Seperti halnya permainan urat kayu yang disusun secara diagonal atau acak. Potongan panel dengan ukuran berbeda-beda akan menjadi sebuah komposisi dinding kayu yang harmonis.

Jadi, memberikan tampilan berbeda di rumah akan memberi perubahan suasana dengan sendirinya. Lalu, kenapa tidak mencobanya dengan aplikasi dinding kayu alami? Kesan yang ditimbulkan oleh kayu biasanya hangat karena warna alami yang dimilikinya. Namun kembali ke selera penghuni rumah itu sendiri. Seberapa jauh eksplorasi dinding kayu ini mampu membawa si penghuni nyaman berada di dalamnya.

 

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?