article

Jasa Desain Rumah Memegang Peranan Krusial, Butuhkah Anda?

Jasa Desain Rumah Memegang Peranan Krusial

Jasa Desain Rumah adalah Jasa yang menangani perencanaan desain rumah hunian. Namun apakah ini yang Anda butuhkan? Banyak teman dan kolega saya yang masih berpikir penggunaan jasa desain rumah ini tidak diperlukan atau bisa dibilang pemborosan pengeluaran. Mari kita bahas ini satu per satu mengenai seberapa penting jasa ini bagi mereka yang ingin mendirikian rumah.

Jasa Desain Rumah Memegang Peranan Krusial
Jasa Desain Rumah Memegang Peranan Krusial (sumber: architectural3drendering.com.au)

Pemborosan jika mengeluarkan uang untuk Jasa Desain Rumah, ini yang ada di benak hampir setiap orang yang ingin membangun rumahnya sendiri. Pada tipe pertama, ada tipe orang-orang yang merasa mempunyai taste yang tinggi mengenai desain yang baik. Mereka memiliki akses untuk mendapatkan gambar-gambar desain yang bagus baik dari dunia internet maupun dari buku-buku ataupun majalah-majalah yang membahas tentang arsitektur.

Lalu selanjutnya mereka berusaha menyatukan satu persatu desain yang mereka sukai. Ada yang menyukai 3 desain rumah dan mereka coba menjadikannya menjadi 1 bangunan. Bahkan ada yang menyenangi 10 desain rumah dan ia berniat menjadikannya satu bangunan. Bagaimana menurut Anda? Apakah ada yang salah? Jawabannya Ya dan juga tidak.

Tidak salah tanpa arsitek yang menyediakan jasa desain rumah, disebutkan beberapa orang tertentu memiliki taste yang bagus dalam menilai desain arsitektur namun kebanyakan terjadi kesalahan-kesalahan fatal saat mengaplikasikannya. Keinginan menyatukan berbagai macam desain ke dalam satu hunian rumah ini salah satu yang sangat fatal. Bukannya mejadikan desain tersebut menjadi desain yang bagus tapi yang terjadi malah kebalikannya, atau bisa dibilang kacau.

Analoginya adalah seperti makanan; Jika kita memiliki 10 makanan yang enak, apakah kita akan mencampurnya menjadi satu lalu kita makan? Hampir pasti rasanya akan tidak karuan. Disini ada perbedaan bumbu yang sangat yang mencolok di dalam 10 makanan tersebut sehingga memaksakannya ke dalam satu piring akan menjadi kesalahan yang besar. Kita tahu ada makanan yang mengandalkan bumbu kacang, santan, barbekyu, kuah, dll, bisa dibayangkan jika semua hal tersebut disatukan dicampur bersama-sama.

Namun Jika Anda memang ingin menggunakan taste Anda untuk mendirikan rumah Anda sendiri. Lebih baik Anda mencontoh saja satu desain yang sudah ada tanpa merubah suatu apapun. Walaupun terkesan hanya meniru, bisa dikatakan hasilnya akan lebih ‘aman’ dan tidak akan kacau balau dibanding menyatukan dari berbagai macam desain ke satu hunian. Akan tetapi hal ini juga akan sulit seindah desain aslinya jika hanya melihat foto dari desain yang dicontoh. Ini dikarenakan foto itu tidak menginformasikan ukuran dari bidang bangunan rumah tersebut. Walaupun hal ini terlihat sepele namun hasilnya sangat menentukan. Orang yang awam dengan dunia arsitektur akan sangat sulit merasakan proporsi bangunan sebagai hal yang sangat penting. Dan ketika meniru tanpa sense of proportion, mereka akan mendapati bangunan rumah mereka terlihat bulky(bantet) ataupun terlalu ramping, dan beberapa masalah lain.

Orang yang menganggap jasa desain rumah adalah sesuatu yang mubazir dan tidak perlu adalah orang tipe kedua (cara penggolongan menurut saya sendiri). Tipe ini dengan logika berpikir jika harus membayar fee untuk jasa desain rumah, maka hal itu akan mengurangi dana yang bisa dipakai untuk pembangunan rumah yaitu biaya material dan pekerja, atau kalau tidak mau pusing menggunakan kontraktor.

Sekilas mungkin pemikiran ini terlihat benar akan tetapi sangat sering orang kecewa karena pemikirannya sendiri. Banyak kasus yang terjadi dan bilang langsung ke saya pribadi, kalau mereka menyesal tidak menggunakan jasa desain rumah. Mereka merasa menghemat tapi malah kebalikannya. Kok bisa? Pada umumnya mereka menjadi boros karena mereka menyewa tukang dan hanya menjelaskan secara verbal bagaimana bangunan yang diinginkannya. Disinilah perbedaaan persepsi antara si yang punya rumah dengan si tukang terjadi karena tidak adanya gambar yang menjadi acuan untuk tukang. Akhirnya proses bongkar pasangpun terjadi karena si owner tidak puas karena tidak sesuai dengan keinginannya. Dari pengalaman orang yang menceritakan kepada saya, mereka melakukan pemborosan 30%-50% dari budget awal.

Selain pemborosan karena proses bongkar pasang yang terlalu sering, ada hal lain juga yang banyak terjadi. Kesalahan atau keberlebihan konstruksi pada bangunan rumah. Banyak terjadi hanya untuk rumah berukuran kecil dan tidak membutuhkan dinding kolom yang begitu besar Anda bisa-bisa melihat kolom yang sangat besar dan menongol di sudut-sudut ruangan yang menurut saya sangat mengganggu keindahan hunian tersebut. Hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan si owner mengenai struktur sehingga mereka menyerahkan penuh masalah struktur ini kepada si tukang yang menurutnya mempunyai pengalaman membangun rumah puluhan tahun. Dan sejujurnya memang benar bangunan yang dibangun kuat, atau kita bisa bilang terlampau kuat dan kembali terjadi pemborosan dana untuk struktur yang juga mempengaruhi tampilan rumah secara keseluruhan.

Ada tipe ketiga, yang sangat tergiur dengan kontraktor yang menawarkan free design dan menganggap hal ini adalah penghematan. Coba anda bayangkan sendiri apa bedanya jasa desain rumah yang free dari kontraktor dengan yang harus mengeluarkan fee jasa desain rumah sebuah konsultan arsitek. Apa anda pikir akan mendapat yang sama kualitasnya? Coba Anda pikirkan sendiri.

Lain dari itu adalah ketika Anda harus mengeluarkan dana misal 5 milyar untuk pembangunan rumah di luar jasa konstruksi. Apakah Anda bisa yakin bangunan Anda benar benar bernilai 5 Milyar. Apakah Anda mampu mengkoreksi atau menghitung keakuratan penawaran yang dilakukan kontraktor? Saya tidak bilang semua kontraktor seperti ini, namun banyak kontraktor yang melakukan mark-up pada item-item yang ada di dalam penawaran. Sehingga kita sendiri akan bingung benarkah bangunan yang kita miliki itu benar-benar bernilai 5 milyar atau tidak.

Berbeda dengan jasa desain rumah yang professional, biasanya mereka meminta owner untuk menyebutkan budget yang ingin dikeluarkan untuk bangunan. Disini si Arsitek akan berusaha mendesain sesuai budget tersebut. Spek yang dikeluarkan umumnya akan semaksimal mungkin sehingga terlihat perbedaan jika si owner meminta desain bangunan senilai 3 milyar, 4 milyar, ataupun 5 milyar. Jadi memang kontrol kualitas dari Arsitek jasa desain rumah akan jauh lebih maksimal dibandingkan jasa konstruksi yang memberikan desain gratis.

Jasa Desain Rumah Memegang Peranan
Jasa Desain Rumah Memegang Peranan (sumber: Pixabay)

Sekarang mari beralih ke manfaat dari  jasa desain rumah itu sendiri. Pertama, Jasa Desain rumah yang profesional memberikan pelayanan yang sangat rinci dimulai dari gambar denah yang menyajikan informasi mengenai ruangan-ruangan di dalam rumah. Selain dari itu Jasa desain rumah memberikan gambaran yang realistis (3D), yang memungkinkan pihak klien atau owner membayangkan seperti apa hasil desain jika sudah terbangun. Hal ini sangat penting agar tidak ada kesalahpahaman tentang persepsi desain yang bagus.

Kedua, setelah konsep desain, jasa desain rumah harus melengkapinya dengan dokumen gambar yang lengkap. Seberapa lengkap? Bisa dibilang semakin lengkap semakin baik, sehingga permasalahan-permasalahan di lapangan dapat diminimalisir sekecil mungkin. Ada baiknya jika memilih jasa desain rumah yang menyediakan jasa terpadu yaitu termasuk desain struktur, Mekanikal, elektrikal, plumbing, lansekap dan Interior, sehingga tidak banyak yang musti diputuskan di lapangan.

Ketiga, jika anda memiliki budget lebih, gunakan jasa desain rumah dengan desain arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal, plumbing, lansekap, dan Interior yang mempunyai lisensi sehingga ada jaminan mutu yang lebih baik. Pastikan dokumen gambar tersebut ditandatangani oleh para ahli yang berlisensi.

Keempat, jika Anda berminat dengan jasa desain rumah yang lebih berkualitas, pastikan mereka juga menyediakan RKS (Rencana Kerja dan Syarat-syarat) yang disertai oleh spek material, BQ (Bill of Quantity) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). RKS dan Spek Material ini berguna untuk memudahkan pengerjaan di lapangan dan juga mengunci spek yang ada, sehingga kontraktor tidak bisa menurunkan spek yang telah tertera. BQ dan RAB akan berguna untuk mengecek penawaran dari kontraktor masuk akal atau tidak. Jadi Anda tidak dibuat mengeluarkan biaya lebih untuk itu.

Jasa Desain Rumah Memegang Peran Krusial
Jasa Desain Rumah Memegang Peran Krusial (Studio_Dwell_Architects)

Kelima, pastikan Jasa Desain Rumah yang anda pilih memiliki kemampuan desain yang baik sehingga mampu mewujudkan desain yang cocok buat Anda. Caranya? Dengan melihat portfolio mereka yang ada di web mereka dan juga mengundang mereka datang sambil membawa company profile sehingga ada gambaran tentang perusahaan, tim, dan juga proyek-proyek yang sudah pernah di desain.

Keenam, Tanyakan kesediaan jasa desain rumah tersebut untuk melakukan pengawasan selama pembangunan berlangsung. Hal ini agar memberikan kontrol yang kuat terhadap kualitas yang telah ditetapkan dalam desain yang sudah dibuat. Disini biasanya ada biaya tambahan per kedatangan. Namun, tidak seberapa jika kita bandingkan dengan kualitas yang ingin kita capai.

Demikian penuturan saya mengenai jasa desain rumah yang memegang peranan yang krusial. Keputusan menjadi pilihan masing-masing. Semua orang memiliki alasan untuk memakai atau tidak jasa desain rumah. Namun yang terpenting adalah dengan penjabaran diatas kita mampu memprediksi masalah yang akan timbul dan jangan sampai kita menyesal di kemudian hari, apalagi rumah yang dibangun untuk dihuni oleh keluarga kita dalam waktu yang tidak sebentar.

 

 

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?