article

Pemilihan Wallpaper Rumah Minimalis

Pemilihan Wallpaper Rumah Minimalis
Pemilihan Wallpaper Rumah Minimalis
Pemilihan Wallpaper Rumah Minimalis (sumber gambar: Kravet)

Wallpaper rumah minimalis merupakan pelapis yang digunakan untuk mempercantik dinding rumah. Sebuah alternatif untuk mendapatkan tampilan dinding yang menawan daripada melakukannya secara konvensional menggunakan cat. Wallpaper ini merupakan langkah yang praktis dan cepat. Namun, biaya yang dibutuhkan memang lebih banyak daripada melakukan cat pada dinding. Selain itu, pemasangan wallpaper membutuhkan ketelitian dan keahlian. Jadi, ketika anda tidak mau mengambil resiko dengan pemasangan wallpaper yang tidak tepat dan tidak rapi, anda bisa menyewa jasa pemasangan wallpaper sekaligus ketika anda membelinya. Wallpaper banyak jenis dan motifnya. Harus disesuikan penggunaan wallpaper rumah minimalis anda.

Langkah pertama ukur luas dinding yang akan anda pasang wallpaper. Anda bisa memasang seluruh wallpaper di rumah anda atau hannya sebagaian ruangan yang akan anda dekorasi. Pilih motif wallpaper sesuai desain rumah anda. Untuk rumah minimalis sebaiknya pilih wallpaper dengan desain yang simple.

Hindari memilih motif yang mempunyai banyak warna. Pemasangan wallpaper tersebut dapat anda letakkan di ruang-ruang utama rumah anda. Namun, untuk bagian kamar tidur bisa anda sesuikan dengan selera pemilik ruangan tersebut. Karena kamar tidur merupakan ruangan pribadi bagi setiap orang yang lebih bersifat personal.

Pastikan menggunakan lem perekat dengan kualitas yang terbaik. Karena lem akan mempengaruhi hasil akhir dari wallpaper anda. Pemasangan wallpaper harus hati-hati dan teliti, sehingga tidak menimbulkan lekukan atau ukuran yang tidak presisi. Perhatikan dalam memasang sambungan wallpaper. Sesuaikan motif dan ukurannya supaya tidak terlihat sambungan dari wallpaper. Karena terkadang ukuran wallpaper tidak cukup luas untuk ruangan yang ingin anda desain.

Yang tidak kalah penting dalam pemilihan wallpaper adalah kesinambungan corak pada wallpaper dengan gaya desain rumah secara keseluruhan. Ada baiknya dicocokkan antara gaya bangunan dengan wallpaper tersebut, misal rumahnya bergaya minimalis maka usahakan cari wallcover yang minimalis juga. Begitu juga jika gaya rumahnya bergaya klasik ataupun semi klasik.

Yang terpenting saat pemilihan, Anda harus bisa berimajinasi mengenai keselarasan warna dan tekstur antara dinding, plafon, dan lantai sehingga menciptakan ambience yang diharapkan. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan pemilihan-pemilihan ini ada baiknya menghubungi pihak-pihak yang sudah ahli. Menimbang karena rumah yang anda huni bukan hanya didiami 1-2 hari, lebih baik anda berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior yang sudah berpengalaman.

Semoga beberapa tips pemasangan wallpaper rumah minimalis tersebut dapat membantu anda.

 

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?