article

Merancang Vertical Garden yang Enak Dipandang

Merancang Vertical Garden yang Enak Dipandang
Merancang Vertical Garden yang Enak Dipandang
Merancang Vertical Garden yang Enak Dipandang (sumber: greencentar.com)

Vertical garden atau taman vertikal merupakan taman yang dibangun secara tegak pada dinding atau pagar. Taman dengan konsep vertikal menjadi alternatif untuk yang memiliki keterbatasan lahan. Keberadaan sebuah taman meskipun dalam lahan yang terbatas akan memberi manfaat menciptakan ruang terbuka hijau, memberi asupan oksigen, dan mengurangi suhu udara.

Untuk mendesain taman vertikal ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu media tanam, jenis tanaman, pengaturan sinar matahari, pengaturan aliran air dan pengaturan listrik. Pada umumnya taman vertikal menggunakan teknik hidroponik. Pemilihan media tanam sebaiknya dari bahan yang kuat, ringan dan menyerap air. Media tanam yang sering digunakan untuk taman vertikal yaitu dari bahan velt dan nonwoven geotextile.

Umumnya jenis tanaman yang dipilih untuk vertical garden adalah tanaman merambat. Tanaman yang dipilih harus berbobot ringan dan berkecepatan tumbuh yang seragam. Pengaturan intensitas cahaya matahari mutlak dibutuhkan sebagai daya pertumbuhan tanaman. Jika tidak memungkinkan terkena sinar matahari dapat diakali dengan menggunakan cahaya buatan dari halida logam.

Air menjadi unsur utama bagi pertumbuhan tanaman. Untuk memberi asupan air pada taman vertikal menggunakan sistem irigasi otomatis. Media tanam pada taman vertikal kurang mampu menyimpan air dan nutrisi tanaman sehingga pasokan dan kualitas air harus tetap terjaga. Penggunaan listrik berfungsi sebagai pompa listrik untuk mengalirkan air ke media tanam.

Vertical garden akan memberikan solusi bagi yang memiliki keterbatasan lahan. Kebutuhan taman tetap harus diperhatikan agar lingkungan tidak punah dan menambah keindahan.

Anda bisa mencari di internet dengan menggunakan search engine untuk menemukan yang sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan jikaAnda ingin lebih jauh dalam merancang vertical garden ini, Anda mampu membentuknya dengan pola-pola tertentu sehingga terlihat asri, modern dan canggih dalam waktu yang bersamaan. Namun yang perlu diingat adalah pemilihan tanaman-tanaman yang memiliki daya tumbuh sama sehingga memudahkan dalam pemeliharaan.

Jangan lupa untuk memilih tanaman yang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia sehingga kemampuan adaptasi tanaman terhadap iklim sangat tinggi. Hal ini mencegah terjadinya gagal tumbuh pada tanaman yang Anda gunakan untuk taman vertikal ini.

 

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?