article

Desain Atap Rumah Minimalis yang Baik

Desain Atap Rumah Minimalis
Desain Atap Rumah Minimalis
Desain Atap Rumah Minimalis (sumber: iluxus.cz)

Atap merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Desain atap rumah minimalis ini berfungsi melindungi komponen-komponen yang ada di dalam rumah. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan kualitas dari atap itu sendiri.

Banyak model-model atap yang dapat anda terapkan untuk rumah minimalis anda. Namun, sebelum menentukan model atap yang sesuai, ada baiknya anda memahami material yang digunakan untuk rumah anda. Pilihlah material yang tahan terhadap perubahan cuaca. Dengan begitu, atap anda akan lebih awet dengan kondisi hujan maupun panas.

Langkah selanjutnya anda harus memperhatikan instalasi atap dan ketebalan atap yang anda gunakan. Pertimbangankan kualitas atap yang anda peroleh dengan harga yang ditawarkan. Jika hal tersebut sudah cukup anda pertimbangkan, maka akan lebih mudah dalam memilih desain atap rumah minimalis yang sesuai dengan keinginan anda.

Model rumah ini sangat bermacam-macam. Salah satu jenis atap yang sering digunakan untuk rumah minimalis adalah model atap pelana. Atap ini mempunyai bentuk miring sebanyak 45 derajat di bagian kedua sisinya yang kemudian bertemu dalam satu garis. Model atap ini sering dipilih karena lebih mudah mendeteksi apabila terjadi sebuah kebocoran. Model atap lain yang bisa menjadi pilihan anda adalah model atap Perisai atau Limasan. Bentuk atap ini terdiri dari dua bidang atap yang berbentuk miring yang dibentuk menyerupai trapesium.

Desain atap rumah minimalis berikutnya yang dapat anda pilih adalah gabungan dari kedua model tersebut. Apapun pilihan model atap anda harus disesuaikan dengan keseluruhan konsep rumah yang ingin anda bangun.

Disini kita lihat atap tetap jadi bagian yang terintegrasi ke dalam desain rumah sehingga memiliki peran yang cukup penting, itu dikarenakan desain atap ini mudah terlihat oleh semua orang, bahkan dari jarak yang cukup jauh.

Desain atap yang pas dan serasi dengan badan bangunan akan membuat desain bangunan terlihat lebih cantik, namun harus tetap memikirkan ketahanannya karena bagian ini lah yang mayoritas mengalami kebocoran. Tapi tidak perlu takut, jika perencanaannya baik, hal-hal seperti kebocoran dapat dieliminasi.

 

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?