article

Berbagai Manfaat Ruang Publik di Perkotaan untuk Kehidupan

Manfaat Ruang Publik di Perkotaan untuk Kehidupan

Ruang publik di perkotaan kerap tergerus oleh aktivitas padat masyarakat. Padahal, suatu konsep ruang terbuka hijau akan membuat suasana kota lebih cantik dan segar.

Manfaat Ruang Publik di Perkotaan untuk Kehidupan
Manfaat Ruang Publik di Perkotaan untuk Kehidupan (sumber: Hello-PET.com)

Setiap ruang publik di perkotaan perlu mendapat perhatian khusus. Contoh sederhana dengan menambah vegetasi pelindung atau peneduh dari iklim panas.

Di sisi lain, penting membuat fasilitas jalur pedestrian yang dimensinya tidak terlalu sempit. Jalan setapak menggunakan rumput maupun paving block. Dan tak ketinggalan beberapa bangku taman dari material kayu.

baca juga: Mengenal Strategi Desain Rumah Split Level Bertingkat

Jika didesain dan dikelola dengan baik, maka ruang publik di perkotaan lebih nyaman untuk sarana bersantai, edukasi, dan juga seni-budaya. Salah satu open space yang mulai dipermak secara intensif itu adalah kawasan Malioboro.

Berbagai Manfaat Ruang Publik di Perkotaan untuk Kehidupan
Berbagai Manfaat Ruang Publik di Perkotaan untuk Kehidupan

Saat ini penataan Malioboro sebagai pusat wisata nampak lebih nyaman dari sebelumnya. Pedestrian bukan lagi area parkir, dan beberapa bangku kayu disediakan bagi pengunjung. Pohon-pohon perindang pun ditanam agar dapat menjadi paru-paru kota.

Pada tengah era modern ini daya tarik wisata jadi prioritas di perkotaan. Ada suatu minat baru disana yang bukan lagi sekedar keluar-masuk bangunan mewah. Namun lebih pada suasana lingkungan yang cantik. Apalagi jika cocok sebagai background untuk berfoto.

Selain kawasan Malioboro di Jogjakarta, salah satu kota yang sangat memperhatikan ruang publik di perkotaan adalah kota Bandung yang di walikotai oleh Ridwan Kamil yang notabene seorang Arsitek, sehingga dalam pengembangan kotanya Ridwan Kamil selalu mempertimbangkan keindahan juga.

Jadi ruang publik di perkotaan ini memberikan manfaat baik fisik maupun psikologis. Dari segi fisik, Taman mampu memberikan suasana yang sejuk dan rindang yang tentu saja dengan banyaknya pohon, pasti menghasilkan banyak oksigen sebagai peredam masalah polusi di perkotaan. Secara psikologis, taman bisa menjadi obat penat dan stress, orang bisa bersantai dan berekreasi denga gratis menikmati indahnya taman

Itulah pandangan tentang keterbukaan ruang publik di perkotaan beserta manfaatnya. Sudah seharusnya bila masyarakat ikut menjaga kebersihan tempat tersebut. Hingga di masa mendatang akan tetap bisa menjadi kebanggaan dari kota pariwisata di Indonesia.

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?