article

Kelebihan dan Kekurangan Desain Dinding Kaca untuk Bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Desain Dinding Kaca untuk Bangunan
Kelebihan dan Kekurangan Desain Dinding Kaca untuk Bangunan
Kelebihan dan Kekurangan Desain Dinding Kaca untuk Bangunan (sumber: Freshome.com)

Kaca merupakan material yang sudah lama dikenal. Berikut ini kami tampilkan kelebihan dan kekurangan desain dinding kaca untuk bangunan.

Kelebihan

  • Relatif aman

Dengan kecanggihan teknologi, kini ada jenis kaca yang kuat, tahan lama dan anti pecah sehingga aman untuk diaplikasikan. Anda bisa menggunakan kaca tempered 8 mm sampai dengan 20 mm, tergantung dengan kebutuhan.

  • Mudah didapat

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis kaca hanya dengan pergi ke satu toko kaca. Ukuran juga dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

  • Pencahayaan alami maksimal

Dengan kaca, Anda bisa menghemat tagihan listrik karena tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari. Cahaya lampu dapat digantikan dengan cahaya matahari.

  • Ruangan terlihat megah dan mewah

Keberadaan dinding kaca akan menimbulkan kesan ruangan lebih megah dan indah terutama jika menggunakan kaca transparan sebagai pembatas ruangan.

  • Dapat menikmati pemandangan

Dengan kaca sebagai dinding, Anda akan dengan leluasa menikmati pemandangan luar yang asri dan sejuk seperti taman dan kolam renang. Pada malam hari, suasana akan bertambah romantis.

Kekurangan

  • Ruangan akan terasa panas

Banyaknya dinding kaca yang mengelilingi bangunan akan membuat intensitas cahaya matahari menjadi semakin tinggi sehingga terasa gerah dan panas. Namun hal ini bisa disiasati dengan hanya memasang dinding kaca pada arah utara dan selatan sehingga tidak terlalu panas.

Juga dapat disiasati dengan double-glass yang membuat trap diruang yang berada diantaranya sehingga mampu meredam suhu panas dengan cukup signifikan.

  • Perawatan ekstra

Karena berbahan kaca dan bukan dinding biasa, Anda perlu merawatnya dengan teratur agar kaca bersih dan mengkilap. Bisa dibilang hal ini yang sulit, karena berdasarkan pengalaman, banyak desain yang awalnya bagus menjadi kurang bagus karena perawatan yang kurang maksimal.

Demikian kelebihan dan kekurangan desain dinding kaca untuk bangunan pada umumnya. Semoga bermanfaat. Gunakanlah referensi-referensi dari majalah atau buku-buku arsitektur yang bagus untuk mendapatkan hasil yang baik secara desain dan fungsional. Jika perlu diskusikanlah dengan ahlinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?