article

Teknologi Roof Garden di Kota Besar

Teknologi Roof Garden di Kota Besar

Tingkat polusi di kota-kota besar semakin mengkhawatirkan yang dapat memicu timbulnya pemanasan global. Teknologi Roof Garden dapat menjadi solusi untuk mengurangi tingkat polusi terutama di kota besar. Pembangunan infrastruktur di kota besar seperti gedung-gedung bertingkat mengancam keberaadaan ruang terbuka hijau.

Teknologi Roof Garden di Kota Besar
Teknologi Roof Garden di Kota Besar (sumber gambar: www.popeti.com)

Keberadaan Roof Garden memberikan banyak manfaat. Tingkat polusi udara dapat dikurangi dengan adanya taman di atas atap terutama pada gedung bertingkat yang tidak memiliki lahan untuk penghijauan. Roof Garden dapat menurunkan suhu panas, menekan efek gas rumah kaca, konservasi air, mengurangi polusi suara,  dan menambah keindahan gedung.

Ada tiga macam jenis teknologi Roof Garden yang dapat diterapkan pada gedung pencakar langit, yaitu Roof Garden Intensif, Roof Garden Ekstensif dan Roof Garden Semi Ekstensif. Roof Garden Intensif dapat digunakan pada bangunan besar dan sebagai sarana rekreasi. Pada jenis ini ukuran lahannya luas dengan struktur kuat dan besar yang dapat menampung jenis tanaman kecil maupun pohon besar.

Roof Garden Ekstensif digunakan untuk bangunan yang sempit dan ringan. Untuk jenis ini biaya pemeliharaannya rendah, media tanam dangkal, dan hanya dapat untuk tanaman hias rendah. Roof Garden Semi Ekstensif membutuhkan struktur yang lebih berat dan kuat. Pada jenis ini media tanam berkedalaman sedang dan dapat digunakan untuk tanaman rendah hingga sedang namun tidak dapat untuk menanam pohon.

Keberadaan teknologi Roof Garden saat ini memberikan banyak manfaat untuk perkotaan besar terutama dalam fungsinya mengurangi tingkat polusi.

 

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?