article

Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Luar

Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Luar

Warna cat rumah bagian luar memberikan kesan pertama bagi yang melihat sebuah rumah. Kadang ini menyulitkan sebagian orang untuk memilihnya, atau tak jarang ada orang yang sering mengganti warna cat dinding rumahnya. Memilih warna eksterior rumah yang benar bisa meningkatkan keindahan sebuah rumah. Pemilik rumah ada baiknya mengerti sedikit tentang arsitektur. Penggunaan warna dengan skill bahkan dapat menutupi kekurangan desain yang mungkin ada serta dapat meningkatkan nilai jual rumah.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Luar
Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Luar (sumber: https://www.trendir.com)

Bagaimana kita bisa memilih kombinasi warna yang tepat? Berikut ini beberapa ide untuk memilih warna cat rumah bagian luar.

  1. Sejarah Rumah

Jika kita berencana untuk mengecat rumah tua, maka mungkin ingin menggunakan skema warna yang akurat sesuai dengan sejarah rumah tersebut. Untuk mengetahui warna asli dari rumah tua biasanya perlu menggunakan ahlinya untuk menganalisa cat warna dan mengembalikan kembali warna orisinilnya. Semakin sederhana sebuah rumah maka semakin sedikit warna yang akan dibutuhkan. Jika ingin menggunakan warna baru sebaiknya tetap tahu tentang bagaimana sejarah kombinasi warna rumah tersebut.

  1. Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Mengecat rumah memang urusan pribadi pemilik rumah tersebut. Namun kita bisa mempertimbangkan dengan melihat apa yang dilakukan oleh rumah lain di sekitarnya. Tentu ada baiknya tidak memilih warna cat yang sama dengan yang dimiliki tetangga dan jangan pula yang terlalu bersebrangan dengan tetangga. Usahakan untuk memilih warna yang juga sesuai dengan kondisi sekeliling.

  1. Meminjam Dari Alam

Warna alam bisa menjadi inspirasi untuk warna cat rumah bagian luar. Kita bisa melihat pepohonan yang terdiri dari warna hijau dan cokelat. Kombinasi warna pada pepohonan itu bisa diaplikasikan pada kombinasi warna cat rumah. Selain itu misalnya pemandangan kebun yang terdiri dari bunga-bunga dengan warna tertentu dan warna hijau dari daun. Perlu juga untuk memperhatikan tentang dimana cahaya matahari menyinari rumah. Seperti kara arsitek Australia, Glen Murcutt, ikuti matahari karena warna membutuhkan cahaya.

  1. Mengecek Atap

Jika rumah adalah sebuah kanvas, maka itu bukan kanvas kosong. Rumah memiliki bagian lain yaitu atap yang biasanya sudah memiliki warna tersendiri. Sebelum mengecat bagian rumah yang lain, pastikan itu sudah cocok dengan jenis atap yang digunakan. Bahan atap baik itu metal, genteng, atau yang lain memiliki warna mereka sendiri. Warna eksterior rumah tidak harus dicocokkan dengan atap namun harus diharmonisasikan. Jadi perhatikan atap terlebih dahulu karena mengecat lebih mudah daripada mengganti atap rumah.

  1. Melihat Apa Yang Tidak Dicat

Selain atap, setiap rumah memiliki beberapa bagian yang tidak dicat. Misalnya saja bagian jendela, pintu, atau dinding yang terbuat dari batu atau bata yang tak dipoles. Warna yang telah melekat pada bagian-bagian tersebut bisa menjadi dasar untuk pemilihan warna cat pada bagian depan rumah.

Itulah beberapa tips dalam mengecat warna depan rumah. Tambahannya warna yang kontras akan menarik perhatian untuk detail arsitektur. Namun kontras yang ekstrem akan mengacaukan detail itu sendiri. Supaya aman, pertimbangan untuk tetap dengan satu warna senada saja. Untuk aksen, coba gunakan warna bayangan yang lebih gelap atau lebih cerah. Pilihlah warna cat yang tidak hanya memberikan rumah itu keindahan namun juga menekankan detail arsitektur.

Jadi pilih skema warna yang serasi dengan warna yang suda ada di rumah. Warna cat rumah bagian luar bisa direncanakan terlebih dahulu dengan membuat foto sketsa dari rumah. Coba aplikasikan warna pada gambar rumah tersebut untuk melihat hasilnya.

Share

Apakah artikel ini bermanfaat bagi anda?